Selamat Datang diblog saya , disimak ya! kpop: Kenapa K-pop Begitu digemari Banyak Orang?

Selasa, 17 November 2020

Kenapa K-pop Begitu digemari Banyak Orang?

 Jadi begini Squad ceritanya. Dulu, Korea Selatan bukan negara maju seperti sekarang. Korea merupakan salah satu negara jajahan Jepang. Karena kekalahan Jepang di Perang Dunia II dan perjanjian PBB pada 1945, Korea terpisah menjadi dua bagian seperti yang kita tahu sekarang, yaitu Korea Selatan dan Korea Utara. Korea Utara dikuasai oleh Rusia sementara Korea Selatan dikuasai oleh Amerika. Setelah terpisah, Korea Utara mewarisi sebagian besar industri, pertambangan, dan lebih dari 80% pembangkit listrik.


Di sisi lain, Korea Selatan memiliki sebagian besar wilayah pertanian, tetapi masih tidak cukup untuk memberi makan seluruh rakyatnya. Masalah ini diperparah dengan terjadinya Perang Korea tahun 1950 yang disebabkan oleh serangan mendadak dari Korea Utara. Perang Korea ini berlangsung selama 3 tahun. Kebayang dong ya seberapa “miskinnya” Korea Selatan dulu?


Setelah perang berakhir, masih banyak tentara Amerika yang tinggal di Korea Selatan. Karena hal ini lah, budaya Amerika mulai masuk ke Korea Selatan, termasuk musiknya. Awalnya, jenis musik yang populer di Korea Selatan adalah jenis musik trot, atau bisa dibilang sebagai dangdutnya Korea Selatan. Emang sama-sama enak buat joget, tapi kamu jangan bayangin ada alunan gendang dangdut plus Zaskia Gotik nyanyi "Sorry sorry sorry sorry sorry naega naega naega~" sambil ngusap-ngusap tangan kayak orang kedinginan.


Musik trot merupakan genre musik yang terkenal ketika Jepang masih menjajah Korea, sehingga dapat dikatakan musik trot sedikit banyak dipengaruhi oleh budaya Jepang pada masa itu. Tetapi, mulai tahun 1960-an, musik Amerika sudah lebih bisa diterima oleh masyarakat Korea Selatan.


Lee Soo Man, seorang penyanyi yang debut pada tahun 1972, mengawali karirnya sebagai penyanyi di kafe. Selain menjadi penyanyi, ia juga bekerja sebagai DJ dan pembawa acara di televisi. Tahun 1980, Lee Soo Man membentuk sebuah band yang bernama “Lee Soo Man and 365 Days.” Namun pada masa itu, Korea Selatan ketat dengan aturan sensor media yang membuat karir Lee Soo Man menjadi lesu, Man.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ngaku K-Popers? Wajib Banget Punya 4 Aplikasi Ini di HP Kamu!

  Kalo kamu ngakunya seorang K-Popers, tiap hari pasti sering banget mantengin HP buat tahu kabar baru tentang idola favorit kamu. Ngaku deh...